Penajaman RENJA Perangkat Daerah Terkait Program OVOP, Hulu-Hilir dan Kolaborasi Pembangunan

One Village One Product (OVOP) atau satu desa satu produk adalah pendekatan pengembangan potensi daerah di satu wilayah untuk menghasilkan satu produk kelas global yang unik khas daerah dengan memanfaatkan sumber daya lokal. Satu desa sebagaimana dimaksud dapat diperluas menjadi sentra yang berisi antardesa, kecamatan maupun kesatuan wilayah lainnya sesuai dengan potensi dan skala usaha secara ekonomis.

OVOP merupakan program integratif yang berupaya dalam meningkatkan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki masyarakat serta daerahnya meningkatkan pendapatan para pelaku usaha dan masyarakat, dan sekaligus, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi dan kekayaan daerah

Tujuan dari OVOP adalah untuk menggali potensi-pontensi lokal di daerah karena dengan hal tersebut maka akan mendorong masyarakatnya menggali serta menciptakan prodak-prodak baru yang mimiliki ciri khas dan kearifan lokal di masing-masing daerahnya. Berdasarkan pada Permen Perindustrian No.14 Tahun 2021, maka Program OVOP ditujukan untuk produk usaha dari IKM (Industri Kecil dan Menengah) maupun sentra IKM yang menghasilkan produk lokal dan khas Kabupaten Tuban.

Komentar

comments powered by Disqus